AGCOM Italia Mendenda Google Karena Melanggar Larangan Iklan Perjudian

Lesrosbifs – Otoritas komunikasi Italia mengumumkan pada hari Selasa (2 Agustus) bahwa mereka telah mendenda raksasa teknologi Google, yang dimiliki oleh perusahaan induk Alphabet Inc., 750.000 euro (11,4 miliar rupee) karena diduga melanggar larangan iklan perjudian di platform video YouTube-nya.

AGCOM Italia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka juga mendenda TOP ADS, pembuat konten iklan, €700.000. Sementara Google sendiri tidak segera mengomentari laporan tersebut.

Google juga telah menerima denda di banyak negara. Paling banyak di Rusia. Sebelumnya pada hari Selasa, 26 Juli, regulator kompetisi Rusia kembali mendenda Google Alphabet sebesar 2 miliar rubel (504 miliar rupee) karena menyalahgunakan posisi dominannya di pasar hosting video.

Putusan itu adalah denda jutaan dolar terbaru dalam kampanye Moskow yang semakin keras terhadap perusahaan teknologi asing.

Selain itu, Layanan Kartel Federal Rusia (FAS) mengatakan Google telah “menyalahgunakan posisi dominannya di pasar untuk layanan hosting video YouTube,” tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Google Alphabet kembali didenda oleh pemerintah Rusia. Kali ini, pada Senin 18 Juli, mereka didenda 21,1 miliar rubel (5,5 triliun rupee) oleh pengadilan Moskow karena berulang kali gagal menghapus konten yang dianggap ilegal oleh Rusia. Menurut regulator komunikasi Rusia, Google terus menciptakan “informasi palsu” tentang konflik di Ukraina.