Cara Blokir Situs Web di Android, Dijamin Ampuh!

Cara memblokir situs web di Android ini biasanya dilakukan untuk melindungi anak-anak dari situs web berbahaya atau bahkan virus yang mungkin masuk ke sistem. Faktanya, ada banyak jenis malware yang mungkin bisa meretas sistem Android milikmu. Seperti halnya situs web berbahaya yang sering muncul. Sebelum terlambat, sebaiknya segera blokir situs web tersebut.

Cara Blokir Situs Web di Android

Langkah untuk memblokir situs web di Android adalah pilihan tepat untuk mencegah virus yang mungkin muncul. Selain itu, jika kamu memberikan smartphone atau tablet untuk anak-anak, memiliki kontrol orang tua dan opsi memblokir situs web di Android adalah suatu keharusan. Kamu dapat menggunakan pemblokiran situs web untuk menghentikan kebiasaan media sosial, atau menghindari konten yang mengganggu.

Berikut adalah beberapa metode paling efektif untuk memblokir situs web di Android.

Tambahan LeechBlock NG

LintahBlock NG
(Firefox)

Browser tersedia secara default di sebagian besar ponsel Android. Namun, tidak semua layanan browser web tersebut menyediakan opsi untuk memblokir situs web tertentu. Beberapa browser seperti Mozilla Firefox, mungkin akan membantumu untuk memblokir situs web di Android dengan add-ons.

Caranya, instal Firefox dari Google Play Store. Setelah selesai, buka aplikasi Firefox, ketuk ikon menu (tiga titik vertikal) di sudut kanan bawah, dan pilih Add-on. Cari LeechBlock NG dan ketuk ikon + pada daftar ekstensi browser yang pasti. Di sini kamu akan menemukan ekstensi di bagian Pengaya. Ketuk Pengaturan untuk mulai menambahkan situs yang ingin kamu blokir.

ad ini dapat memblokir hingga 30 situs web yang kamu mau. Kamu juga dapat mengatur waktu dan berapa lama kamu ingin menonton situs web tersebut. Selain menggunakan extension ini, kamu juga bisa memblokir situs web di Android dengan aplikasi.

Cara Blokir Situs Web di Android dengan Aplikasi

Seperti yang telah kami singgung di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk memblokir situs web di Android. Mungkin cara ini akan lebih mudah Dipahami. Hanya saja, Anda perlu menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Adapun aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut ini.

tautan beranda google

Cara Blokir Situs Web di Android
(Google)

Jika kamu ingin menyatukan aktivitas online anak dan melindunginya dari situs web yang tidak pantas. Kamu bisa menggunakan aplikasi Google Family Link. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk memblokir situs web di Chrome dan menetapkan akses terbatas ke aplikasi tertentu dan konten dewasa di Google Play. Untuk panduan lebih lengkapnya, kamu bisa mengunjungi situs Google Family Link.

blokir situs

Cara Blokir Situs Web di Android
(Microsoft Edge)

BlockSite merupakan aplikasi antarmuka Android yang bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store. Seperti namanya, aplikasi ini akan memudahkanmu untuk memblokir situs web di Android yang tidak kamu inginkan. Selain web, kamu juga bisa memblokir aplikasi tertentu di smartmanmu. Keunggulan dari aplikasi BlockSite ini adalah kemampuan untuk menjadwalkan pemblokiran dan mode kerja.

BlockSite memiliki perlindungan kata sandi, sehingga kamu dapat mengunci aplikasi itu sendiri. Bahkan kamu bisa menghubungkan aplikasi ini ke desktop. Ini juga dapat digunakan untuk melindungi anak-anak dari konten yang tidak diinginkan, berkat opsi untuk memblokir semua situs web dewasa dengan satu ketukan tombol.

Itulah beberapa cara blokir situs web di Android, baik menggunakan web maupun aplikasi. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah menjadwalkan aktivitas bermediamu menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat!

Bakajuga: